Powered By Blogger

Senin, 19 Oktober 2015

Kuliah di Jerman


Sebagai negara maju, Jerman tentu memiliki banyak keunggulan dibanding dengan negara lain, termasuk keunggulan dalam program pendidikannya.  Saat ini setiap tahunnya ribuan orang ‘hijrah’ ke Jerman untuk melanjutkan studinya.

Warum Deutschland? – Mengapa Jerman?
Dengan adanya 300 lebih perguruan tinggi yang tersebar di seluruh penjuru negeri membuat pembelajar memiliki banyak pilihan universitas yang tentu saja membuat kesempatan mereka untuk ‘diterima’ pun semakin besar.

Dengan statusnya sebagai pelajar, biaya hidup di Jerman tidak terlalu tinggi, karena di sana terdapat banyak manfaat dan diskon khusus untuk pelajar. Data pada tahun 2004 menunjukkan bahwa biaya hidup mahasiswa di Jerman tidak lebih dar 700 €/bulan.

Banyaknya kegiatan dan hiburan diluar jam pelajaran menjadi satu point khusus bagi Jerman untuk dijadikan pilihan studi. Olahraga, budaya atau sekedar menghabiskan malam di tempat-tempat eksotis di Jerman merupakan sebuha tawaran yang sangat menarik.

Banyak perguruan tinggi Jerman yang menawarkan lulusan bertaraf internasional. Hal ini dibuat untuk menarik mahasiswa asing dan lokal untuk belajar dengan level internasional, dengan gelar Bachelor, Master dan PhD. Kegitan perkuliahan dilaksanakan dalam bahasa Inggris. Namun ada juga beberapa universitas yang menawarkan pembelajaran dalam bahasa Jerman.

Hampir semua universitas dan perguruan tinggi Jerman dibiayai oleh pemerintah, sehingga mahasiswa tidak perlu membayar uang kuliah. Kalaupun ada biaya yang harus dibayar, biasanya itu untuk uang tiket (bus, kereta, U- atau S-Bahn) mahasiswa.

Dengan status Jerman yang menjadi negara maju, mahasiswa lulusan Jerman memiliki kesempatan lebih besar untuk diterima kerja karena mereka telah dilatih untuk berpikir dan bekerja dengan cepat dan tepat.

Letak geografis Jerman yang dikelilingi oelh sembilan negara tetangga menjadikan tawaran tersendiri bagi para mahasiswa untuk liburan ke negara-negara tetangga disaat liburan, seperti ke Belanda, Italia, Austria, Swiss, Paris dan lain-lain.
Jadi kalian yang mempunyai impian untuk belajar di luar negeri, khususnya Jerman, persiapkan diri kalian sedini mungkin untuk bersaing dengan yang lain agar peluang menjadi mahasiswa Jerman semakin besar.
Selamat belajar dan viel Erfolg!

Berikut ini beberapa website mengenai studi di Jerman:
 www.higher-education-compass.de
 www.studienwahl.de
 www.study-in.de
 www.germany-opportunities.de/study

Find me on twitter and instagram: @ungodamn

This article was published at KLAR Magazine  www.klarmagz.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar