Powered By Blogger

Kamis, 01 Oktober 2015

Fakta Unik Menara Eiffel

                          (Eiffel saat siang hari)

Paris, Perancis.
Siapa yang tidak mau traveling ke negara mode tersebut. Hampir setiap orang memimpikannya, terutama para wanita yang tersihir oleh kecantikan sang primadona kota Paris, menara Eiffel. Bebagai film nasional maupun internasional banyak yang menjadikan Paris sebagai setting tempatnya. Bahkan menara Eiffel sudah sering dijadikan latar pemotretan oleh para selebritis. Begitu kuatnya sihir magis sang menara. Namun tahukah kalian kalau menara Eiffel menyimpan fakta-fakta menarik yang harus kamu tahu.

1. Gustave Eiffel memiliki apartemen untuk dirinya di puncak menara Eiffel. Ia sengaja membuat apartemen tersebut agar seluurh kota Paris cemburu kepadanya. Hmmm... saya rasa itu berhasil.
2. Keanggunan menara Eiffel menjadikan banyak negara cemburu dan berusaha membuat replika sang primadona. Hingga sekarang ada lebih dari 30 replika menara Eiffel yang tersebar di seluruh dunia. Antara lain ada di Amerika, Guatemala, Jepang, Rusia, Mexico, Jeman, Pakistan, China, Republik Ceko, Rumania, Inggris, Korea Selatan dll. Di Indonesia ada nggak yah?
3. Untuk sampai ke atas menara, para pengunjung harus menaiki lift. Namun ternyata di Paris ada lomba menaiki menara Eiffel. Dengan lift? Tentu tidak. Lebih tepatnya memanjat! Perlombaan memanjat menara Eiffel ini dinamakan “Vertical”. Setiap pemanjat rata-rata membutuhkan sekitar 1.665 langkah untuk sampai di puncak. Wow. Wanna try?
4. Menara Eiffel yang berdiri tegak di kota Paris ternyata dulunya dibuat bukan di Paris loh, tapi di Barcelona, Spanyol. Namun orang-orang Barcelona menentang pembuatan proyek menara tersebut, sehingga lokasinya dipindah ke Paris. Wah, nyesel gak yah sekarang orang Barcelona? Hihihi
5. Saat berlangsungnya Perang Dunia ke II, Hitler berkunjung ke Paris. Namun ternyata permusuhan negara Jerman dan Perancis, menjadikan orang-orang di sana “jahil”. Mereka dengan sengaja memutuskan kabel aliran listrik di Eiffel. Sehingga jika Hitler ingin naik ke atas, ia harus manjat sendiri. Heuheu. Kasian :p
6. Eiffel merupakan menara yang paling banyak dikunjungi orang dari seluruh dunia. Setiap tahunnya sekitar 7 juta orang datang mengunjungi si menara.
7. Sengketa pembangunan Eiffel ternyata berdampak pada jalannya pembangunan sang menara sendiri. Ternyata menara Eiffel tidak dibangun secara langsung, melainkan bertahap. Artinya sang menara dibangun seperempat bagian dulu, kemudian dihentikan. Pada tahun 1909 bahkan Eiffel sempat akan diruntuhkan dan tidak jadi dibangun, atau dipindah ke tempat lain. Namun akhirnya mereka menghapus ide tersebut dan melanjutkan pembangunan menara dan digunakan untuk tower radio. Wah... kebayang ga sih gimana bentuknya Eiffel pas masih setengah jadi. Bagaimana jadinya Paris tanpa Eiffel? Hhmmm.
8. Kecantikan menara Eiffel nampaknya menarik perhatian semua orang untuk jatuh cinta padanya, buktinya ada seorang wanita yang terobsesi dengan Eiffel dan menikahinya secara resmi pada tahun 2007 lalu. Hiks! Ia bernama Erika LaBrie. Ternyata ia seorang pengidap objectophille, obsesi yang berlebihan terhadap sebuah objek. Sekarang namanya berubah menjadi Erika Eiffel.
9. Warna menara Eiffel apa sih? Coklat terang gitu. Ya. Tapi ternyata dulu tahun 1889 Eiffel dicat dengan warna merah loh.
10. Kalian yang udah pernah ke Paris pasti setuju kalau keindahan menara itu ada saat malam hari. It was so romantic, isn’t  it?  Yang menyebabkannya luar biasa pada malam hari karena adanya pertunjukkan lampu yang berlangsung selama lima menit setiap jamnya. Lampu-lampu tersebut selalu berganti warna dan “tariannya” pun beda-beda. Indah banget pokoknya. Sehingga saat malam hari orang-orang banyak berkumpul di bawah menara untuk menikmati pertunjukkan tersebut. Bahkan saat perayaan tahun baru, pertunjukkan yang disajikan lebih menarik lagi dan berlangsung lebih lama setiap jamnya.
             (Me, under the Eiffel tower at night)

11. Kalian pernah nonton film animasi Ratatouille? Di film tersebut kalian pasti iri kepada si tikus karena dia tidur menghadap tepat ke arah Eiffel, sehingga setiap malam bisa melihat lampu-lampu di Effel sebelum tidur. Namun itu hanya keindahan yang ada di film. Kenyataannya ada seorang pemuda bernama Ivan Chtcheglov yang nekat berencana menghancurkan menara Eiffel dengan menggunakan dinamit. Alasannya? Karena setiap malam ia tidak bisa tidur gara-gara lampu Eiffel menyoroti kamarnya. Hihihi. Nah, masih mau tidur mengahadap ke Eiffel?
12. Keindahan pertunjukkan lampu Eiffel tentunya membutuhkan banyak lampu yah. Tahu gak kalau jumlah lampu di Eiffel ada 5 milyar! Wow. Lampu-lampu tersebut setiap tahunnya membutuhkan energi listrik sebanyak 7,8 juta kWh. Waahhh... bayar listriknya berapa euro tuh?
13. Ada 300 orang yang kini bekerja di menara Eiffel.
14. Menara cantik yang menghiasi kota Paris tersebut dibangun dengan menggunakan besi sebanyak 18.038 buah dengan 2,5 juta paku. Jumlah yang fantastis!! Maka Eiffel memiliki berat 10.000 ton dengan tinggi 984,25 kaki.

So, jangan lupa memasukan Paris ke dalam daftar traveling kalian. Bonjour!

Find me on twitter and instagram: @ungodamn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar