Powered By Blogger

Rabu, 22 Mei 2013

Yunani dan Roma

Jika kita berbicara tentang masa lalu dan peradaban, tentu tak akan lepas dari Yunani dan Roma. 2 tempat ini masing-masing memiliki sejarah yang menarik. Hingga saat ini orang masih mempelajari hal-hal tentang keduanya. Namun manakah yang paling hebat, Yunani atau Roma?
Peradaban Yunani kuno dimulai pada abd 5 dan 4 sebelum masehi ketika pertumbuhan ekonomi dan militernya sukses. Yunani adalah tempat lahirnya bentuk pemerintahan demokrasi, yang berarti peraturan ada ditangan rakyat (demos = rakyat dan kratos = aturan atau kekuasaan). Oleh karena itu seluruh warga negara laki-laki wajib memberikan suaranya dalam pembuatan keputusan. Yang menarik dari diskusi pada masa Yunani kuno ini adalah setiap orang yang memberikan opini dibatasi waktunya dengan menggunakan jam air.
Kota-kota besar di Yunani adalah pengimpor sereal, minyak oliv, ikan dan bahan-bahan pokok lainnya. Ketika itu bangsa Yunani kuno memperbesar luas kota mereka, membangun kuil hingga fasilitas-fasilitas umum. Disini pula banyak lahir filsuf-filsuf, ahli matematika dan ilmuwan penting, yang teorinya masih digunakan hingga sekarang. Secara menyeluruh, bahasa dan kebudayaan Yunani kuno dikenal sebagai masa mediterania.
Selain melahirkan orang-orang pintar, bangsa Yunani kuno adalah para pelaut yang handal. Karena Yunani memiliki banyak pulau maka transportasi laut menjadi sangta penting. Mereka juga memiliki angkatan laut yang terdiri dari 170 orang pendayung terlatih yang kemudian diadaptasi oleh bangsa Romawi. Walaupun sistem pemerintahan yang dianut adalah demokrasi ternyata ada sebuah kota di Yunani kuno yang bernama Sparta. Kota tersebut berada dibawah kepemimpinan militer. Semua warga laki-laki menghabiskan seluruh hidupnya untuk menjadi tentara. Disiplin, setia dan pertahanan diri adalah cerminan kota Sparta. Pericles mungkin adalah pemimpin Athena paling hebat. Dibawah kepemimpinannya (495-429 SM) Athena menjadi sangat kuat. Pada masa Pericles. warga negara miskin diperbolehkan mengambil peran dalam urusan negara. Dia jugalah orang yang membangun kembali Athena setelah perang Persia serta memperbesar pelabuhan Piraeus.
Berbicara Yunani kurang lengkap rasanya jika tidak membahas seni. Yap, Yunani adalah negara dengan kualias seni yang tinggi. Istana-istana, patung, guci, kerajinan tangan hingga perhiasan dibuat sedemikian rupa dengan keindahan seni. Kesenian Yunani ini banyak berperan dalam masa Renaissance di Eropa. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Yunani adalah negara teater. Disini banyak muncul penulis naskah  drama hebat, seperti Aeschylus, Sophodes, Euripidis dan Aristopanes. Untuk menunjang kesenian teater ini, maka dibuatlah sebuah temapt teater yang bisa menampung 12.000 penonton. Selain teater, olahraga adalah hal penting bagi bangsa Yunani kuno. Semua laki-laki Yunani telah berlatih olahraga sejak usia dini. Olimpiade pertama diadakan pada tahun 776 SM yang berlangsung selama 7 hari dan dibuka dengan upacara keagamaan. Seluruh atlet dari penjuru Yunani ikut serta dalam kompetisi.
Bangsa Yunani sendiri memiliki kepercayaan kepada para dewa, dengan Zeus sebagai pemimpinnya. Hal yang paling terkenal hingga sekarang dari Yunani adalah philosophynya. Kata philosophy berarti "cinta dari kebijaksanaan". Miletus adalah filsuf pertama yang lahir di Yunani. Setelah itu muncullah Plato, Socrates, Aristoteles etc. Semua teori-teori mereka hingga sekarang masih menjadi bahan pelajaran.
Beralih ke Roma, menurut legenda Romulus dan Remus (kembar) adalah penemu kota Roma pada tahun 735 sebelum masehi. Romulus menjadi raja pertama Roma setelah dia membunuh saudaranya sendiri, Remus. Sebelum dihuni oleh orang-orang Roma, kota ini ditempati oleh berbagai macam golongan masyarakat dengan asal dan bahasa yang berbeda. Etruscan adalah masyarakat golongan atas yang menghuni Roma pada tahun 800 sebelum masehi. Orang-orang Etruscan adalah orang-orang pintar. Layaknya di Yunani, mereka juga membangun tembok untuk melindungi kota, bahkan daerah Etruria memiliki jembatan air bawah tanah. Mereka juga memiliki kemampuan membuat koin dan perhiasan dari perak dan emas serta patung dari perunggu.
Hal yang menarik dari bangsa Etruscan ini adalah bahasa yang mereka gunakan. Hingga sekarang para ilmuwan belum mampu membaca dan menerjemahkan tulisan orang-orang Etruscan. Bahasa tersebut tidak merujuk pada bahasa Indo-Eropa, Yunani atau Latin, walaupun alfabetnya mirip bahasa Yunani. Para ilmuwan berpendapat bahwa bangsa Etruscan memiliki literatur tersendiri. Selain itu bangsa Etruscan percaya pada kehidupan setelah kematian. Orang-orang kaya membakar mayat dengan makanan, peralatan masak, minuman dan senjata. Kuburan-kuburan mereka didekorasi dan dicat sedemikian rupa. Ratusan dari kuburan tersebur sudah ditemukan. 
Seiring berjalannya waktu Roma berubah menjadi bentuk kekaisaan dengan Octavian atau yang lebih dikenal dengan nama Augustus (anak adopsi Julius Caesar) sebagai kaisar pertama Roma. Dari awal didirikannya kekaisaran Roma, orang-orang telah menganggap kaisar sebagai dewa. Agama orang-orang Roma sendiri adalah bentuk kepercayaan pada jiwa orang yang sudah meninggal dan menuntun mereka yang masih hidup, hingga mereka merubah kepercayaan tersebut kepada planet-planet. Contohnya Mars sebagai dewa perang.
Kota Roma adalah kota yang sangat agung. Mereka membangun banyak amphitheater, teater, tempel, pemandian hingga tempat-tempat forum untuk diskusi. Coloseum sendiri dibangun sekitar tahun 69 dan 80 M atas perintah kaisar Vespasian. Dengan adanya banyak insinyur dan tukang bangunan, teknologi kota Roma menjadi sangat bagus. Mereka membangun jembatan-jembatan, berbagai fasilitas umum hingga apartemen 5-6 tingkat yang disebut insula yang berarti pulau. Tak hanya insinyur, Roma adalah kota yang melahirkan tentara-tentara hebat dengan organisasi yang teratur. Ada sekitar 25-30 pasukan dengan anggota 5000 tentara disetiap pasukan.
Bangsa Roma menyukai hal-hal yang spektakuler dan mewah. Mereka adalah orang-orang yang haus akan pertunjukan. Salah satu bangunan paling penting bagi mereka adalah amphitheater yang berfungsi sebagai tempat latihan para gladiator. Selain itu musik dan drama juga berperan penting bagi kota Roma. Mereka menyukai pertunjukkan mini bernama mimi dan story telling dengan menggunakan musik dan tarian, pantomimi. Namun dibalik kemegahannya Roma kuno adalah suatu masa dimana terjadi perselisihan antara orang kaya dan orang miskin. Banyak dari mereka mengaku sulit untuk mengatasi masalah kesenjangan sosial tersebut.
Kaisar Constantine pada tahun 330 memindahkan ibukota ke Byzantium yang kemudian dirubah namanya menjadi Constantinopel. Romulus Augustulus menjadi kaisar terakhir yang memimpin Roma dan membawa kejayaan kota tersebut pada sebuah akhir.
Itulah sekilas tentang Yunani dan Roma. 2 masa peradaban yang menjadi bagian sejarang penting dunia. Nah mana menurut kalian yang lebih hebat, Yunani atau Roma? :D

@ungodamn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar