Powered By Blogger

Jumat, 24 Mei 2013

Peran Muslim dalam Ilmu Pengetahuan

1. Masa Peperangan
Gereja indah Hagia Sophia di Constantinopel yang dibangun dibawah kepemimpinan Kaisar Justinian I berhasil direbut oleh pasukan Muslim yang dipimpin oleh Sultan Mehmet II pada tanggal 29 Mei 1453. Dengan membawa 70 kapal pasukan Sultan Mehmet berhasil mengalahkan Byzantium dan mengubah gereja Hagia Sophia menjadi masjid. Gereja yang telah menjadi pusat orang Kristen timur selama lebih dari 900 tahun itu melibatkan 10.000 tukang kayu, tukang cat, ahli seni dan pemahat dalam proses pembangunannya.
2. Science
Pada abad ke-10 para pelajar Muslim mengembangkan ilmu astronomi dengan science. Selain itu ilmuan-ilmuan Muslim juga bergerak dalam ilmu matematika, insinyur, kesehatan dan geografi.
3. Seni Arsitektur
Menara spiral masjid agung di Samara, Iraq dibangun sekitar tahun 850 dan masjid agung di Cordoba adalah salah satu masjid paling indah dengan menggunakan gaya arsitek Moorish. Satu lagi masjid yang terkenal adalah masjid Al-Azhar yang dibangun pada abad ke-10 di Kairo, Mesir.
4. Kesehatan
Pengobatan didaerah Arab adalah hal yang sangat penting. Pada abad ke-11 ahli fisika Persia bernama Avicenna menulis ensiklopedi obat-obatan. Para ahli medis Muslim juga membuat miniatur gambar bagaimana mereke membuat obat. Bahkan ternyata deskripsi anatomi tubuh manusia berasal dari buku medis Persia yang digambar dalam lempengan logam.
5. Philosophy
Tak hanya Aristoteles dan Plato, Islam juga memiliki filsuf yang hebat. Dialah Ibn Rushd, ahli filsafat Muslim yang menghabiskan waktunya di Cordoba, Spanyol.
6. Geografi
Al-Idrisi, ahli geografi Muslim ini lahir di Morocco, Afrika Utara sekitar tahun 1100. Dia mengadakan eksplorasi melalui perjalanannya menyusuri Eropa dan Asia Minor. Al-Idrisi mencatat semua pengalaman perjalanannya tersebut, hingga pada tahun 1154 dia menerbitkan sebuah peta yang menggambarkan Afrika, Eropa, Arab dan Asia Tengah.
7. Sejarah
Yerusalem sejatinya adalah tempat suci bagi orang Islam. Pada awal-awal misinya, nabi Muhammad SAW memberitahu bahwa shalat harus menghadap ke Yerusalem, namun karena masalah dengan orang-orang Yahudi, arah shalat pun dipindahkan ke Mekah. Tahun 1099 Yerusalem dikuasai orang-orang Kristen, hingga tahun 1187 Muslim kembali merebut kota tersebut.
8. Leadership
Saladin adalah salah satu pemimpin Islam yang paling hebat dalam melawan bangsawan-bangsawan Kristen. Lahir di Mesopotamia, pria keturunan bangsa Kurdish ini menjadi sultan di Mesir pada tahun 1175. Dia juga berhasil menguasai Syria. Aksi heroiknya yang paling terkenal adalah ketika memimpin pasukan Muslim dalam merebut kembali Yerusalem ditahun 1187.
9. Kekaisaran
Kekaisaran Ottoman adalah masa kekaisaran Islam yang paling sukses di Eropa. Dibawah kepemimpinan Osman, Ottoman menjadi sangat agung pada pertengahan abad ke-16 (Cerita kekaisaran Ottoman ini Insyaalaah akan saya share labih lanjut nanti).

Nah itulah sedikit tentang orang-orang Islam yang berperan dalam ilmu pengetahuan. Jadi kita sebagai Muslim harus berbangga hati dan juga membanggakan mereka, jangan cuma mengelu-elukan Einstein, Newton dkk ;)

@ungodamn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar