Powered By Blogger

Senin, 28 September 2015

Merasakan Keseruan Christkindlesmarkt di Nuremberg, Jerman

Musim dingin? Saatnya menulis permintaan kepada santa! Hihihi.

Winter atau musim dingin merupakan musim yang ditunggu bagi ummat Kristen setiap tahunnya, karena musim dingin menandakan dekatnya waktu menuju hari Natal, terutama anak-anak. Biasanya pada hari natal, anak-anak akan mendapatkan berbagai macam hadiah, baik itu buku, pakaian atau pun mainan.  Maka dari itu, moment natal merupakan moment spesial bagi semua pemeluk agama Kristen.

Untuk menyambut hari natal tersebut dibuatlah berbagai macam perayaan, termasuk mengadakan Christkindlesmarkt atau pasar perayaan menyambut hari natal. Salah satu Christkindlesmarkt yang paling terkenal di dunia adalah Christkindlesmarkt yang ada di kota Nuremberg, Jerman. Event tahunan ini berlangsung setiap tanggal 27 November hingga 24 Desember. Pasar natal tersebut berlokasi di pusat Altstadt (kota  tua), tepatnya di depan Frauen Kirche. Apa yang membuat pasar natal kota Nuremberg ini menjadi salah satu yang terbaik di dunia?

Pada saat pembukaan di hari pertama, para pengunjung akan disuguhkan sebuah teater kecil. Tepat pukul 17.30 semua orang akan berkumpul di depan Frauen Kirche, gereja yang menjadi pusat perayaan Christkindlesmarkt. Saat pembukaan ini kamu harus hati-hati, karena banyaknya orang membuat kita berdesakan satu sama lain. Udah kaya golongan orang-orang yang mau nonton konser pokoknya. Crowded banget. Anak-anak yang datang pun kebanyakan duduk di pundak ayahnya, karena khawatir terinjak. Saat pembukaan itulah seorang Christkind akan muncul dari balkon atas gereja. Christkind tersebut adalah seorang perempuan yang memakai gaun unik dan berambut pirang panjang dengan didampingi oleh beberapa pengawal anak laki-laki. Si Christkind itulah yang akan secara resmi membuka Christkindlesmarkt. Maka tak salah jika saat pembukaan adalah salah satu moment yang dinanti para pengunjung, terutama anak-anak. Kemunculan si Christkind akan dibarengi dengan riuh tepuk tangan para pengunjung yang menjadikan suasana semakin ramai dan menyenangkan.

Setelah pembukaan selesai saatnya mengisi perut yang kosong. Selama hamir satu bulan, setiap harinya aroma wangi sosis khas Nuremberg, kacang almond yang dilapisi madu, popcorn, wafel berbagai rasa serta hangatnya Glühwein (sejenis wine tradisional yang dibuat dengan bermacam rempah) akan selalu menusuk hidung mu di sepanjang pasar. Ditambah wanginya gingerbread khas Nuremberg yang telah ada lebih dari 600 tahun lalu, Lebkuchen akan senantiasa menggoda mu untuk mencicipinya. Ciri khas lain dari Christkindlesmarkt Nuremberg adalah wine. Berbagai jenis wine akan kamu temui di sini. Bahkan disediakan pula wine untuk anak-anak dengan berbagai rasa buah-buahan, tentunya bebas alkohol.


Setelah puas mengisi perut, saatnya bersenang-senang dengan menaiki berbagai macam wahana permainan yang tersedia. Untuk memuaskan para pengunjung, khususnya anak-anak, di Christkindlesmarkt juga terdapat banyak permainan, seperti kuda-kudaan, kincir, kereta-keretaan, dan masih banyak lagi. Sambil bersenang-senang juga tidak ada salahnya sambil melihat-lihat dan mengumpulkan dekorasi natal, karena di sini juga terdapat banyak sekali toko souvenir, hadiah, oleh-oleh hingga hiasan natal. What a nice markt!

Oya, lokasi Christkindlesmarkt tidak hanya ada di depan Frauen Kirche saja loh, pasar natal tersebut luas hingga ke daerah depan Lorenz-Kirche. Selain wisata kuliner, bermain dan belanja, jangan lupa untuk mengambil gambar yah. Soalnya dekorasi Christkindlesmarkt ini cantik banget, apalagi pas malem. Semua kios hingga ke gereja dihiasi oleh lampu-lampu yang cantik. So, menunggu natal? Datang saja ke Nuremberg :) Happy traveling!

Find me on twitter and instagram: @ungodamn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar