Powered By Blogger

Selasa, 26 Februari 2013

"Joget" nya Anak Metal

Indonesia adalah negara yang punya banyak banget ragam budaya. Dari mulai dangdut, keroncong, jazz sampe metal punya fan basenya masing-masing. Kalo ada konser dangdut pasti semua orang tahu kalo penontonnya joget megal-megol. Nah kalo lagi ada konser metal orang-orang tahunya pasti rusuh, berisik dan gak jelas.
Masih banyak ternyata yang gak tahu "joget"nya para metalhead. Waktu kemaren gue ngebahas musik dikelas, dosen gue juga gak tahu apa artinya circle pit. Jadi sekarang gue mau sedikit jelasin ke lo semua tentang "joget"nya orang-orang "item" ini.
Pertama dan yang paling sederhana kita nikmatin musik metal dengan headbang. Kalo diterjemahin secara bahasa artinya ngebanting kepala. Bukan berarti beneran ngebanting atau ngejedotin kepala, tapi ngegerak-gerakin kepala keatas kebawah ngikutin ritme musik. Headbang gak cuma dilakuin pas konser aja, biasanya kalo lagi ngumpul-ngumpul dan dengerin musik bareng para penikmat musik metal pada headbang. So dengan kata lain, headbang bisa dilakuin dimana aja.
Kedua ada yang namaya pogo atau pogo dance. Semacam joget sambil loncat-loncat, tapi gerakannya gak teratur, kasar, keras dan cenderung "menyakitkan". Pogo ini dilakuin oleh beberapa atau banyak orang dan biasanya pelakunya adalah para kaum adam. Sebenernya ada juga sih cewe yang suka ikutan pogo, cuma sangat jarang. Gue sendiri gak pernah dan gak mau ikutan pogo karena cewe punya bagian-bagian tubuh yang sangat riskan untuk disentuh. Soalnya kalo lo ikutan pogo mesti siap ditubruk kanan kiri depan belakang.
Dalam ritual pogo ini juga ada semacam "perjanjian" gak tertulis yang udah dan mesti dimengerti oleh semua "pogo-ers". Yaitu, apapun yang terjadi sama lo pas pogo, lo gak boleh nyalahin orang laen. Itu udah resiko lo, mau lo cedera, luka bahkan mati sekalipun. 
Kejadian paling parah yang gue tahu sih waktu itu ada yang kepalanya bocor sama daun telinganya robek pas pogo. Tahun lalu pas gue jadi divisi medic Bandung Berisik Alhamdulillah gak ada yang sampe luka berat., cuma tangan terkilir doang sama pingsan.  Jadi kalo lagi nonton konser gue lebih milih jadi tempat penitipan dompet dan handphone temen-temen gue yang ngikut pogo.
Ketiga yaitu circle pit atau dikenal juga dengan istilah moshing. Hampir mirip kaya pogo, cuma kalo circle pit sambil "joget" lo juga muter ngebentuk lingkaran bareng. Nah lo udah seradak seruduk muter pula LOL. Biasanya circle pit ini diminta sama band yang tampil atau emang inisiatif penontonnya sendiri yang kompak bikin circle pit. 
Keempat ada stage diving. Biasanya stage diving ini dilakuin sama si penyanyi yang lagi tampil. Stage diving sendiri artinya loncat atau terjun kearah kerumunan penonton dan penonoton bakal nangkep dan ngembaliin si penyanyi lagi ke panggung. Tapi kalo skala konsernya gak terlalu gede dan posisi panggung rendah, biasanya penonton juga bisa naik ke panggung dan stage diving, temen-temennya dibawah yang bakal nangkep.
Semua "ritual" ini gue jamin bakal selalu lo temuin disetiap event musik-musik cadas. Buat lo yang udah pernah ngelakuin "ritual" ini gue yakin kalian tahu nikmatnya kaya apa. Dan buat lo yang gak suka musik metal gue yakin pasti kalian geleng-geleng kepala ngeliatnya. Kalo pribahasa Jerman bilang "Das ist Geschmackssache", artinya setiap orang punya selera masing-masing. Jadi nikmatilah apa yang lo suka dengan cara lo sendiri dan jangan ganggu kenikmatan orang lain.
Let's bang our head!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar