Powered By Blogger

Kamis, 14 Maret 2013

Who am I? : Krisis Percaya Diri


Pernah gak lo ngalamin yang namanya krisis percaya diri atau gak pede? Cowo misalnya mau nembak cewe tapi gak jadi karena gak pede atau waktu dosen mengajukan sebuah pertanyaan dan lo punya jawabannya, tapi karena gak pede akhirnya lo diem aja. Tiba-tiba ada temen lo yang jawab dan jawabannya bener terus dipuji setengah mampus sama dosen depan kelas. Akhirnya lo cuma ngedumel dalem hati karena jawaban temen lo sama kaya jawaban lo.
Krisis percaya diri kaya gitu menurut gue bisa diatasi karena situasi diatas korelasinya sama nyali lo dan seberapa besar lo mau nanggung resiko. Intinya lo mesti ngelatih keberanian lo. Tapi pernah gak lo dihadapkan pada situasi kepercayaan diri yang berhubungan dengan jati diri lo. Who am I? Siapa gue? Lo nanya sama diri lo sendiri. Iya yah, sebenernya gue siapa? Pernah gak lo ngalamin hal kaya gitu?
Crisis of confidence atau krisis percaya diri ini gue golongkan menjadi 2 jenis. Pertama ketidak pedean itu muncul dari dalam diri lo sendiri, kedua ketidak pedean itu muncul karena pengaruh orang lain atau lingkungan lo. Kita bahas satu-satu.
Yang pertama kalo krisis tidak percaya diri itu datengnya memang dari dalam diri lo, besar kemungkinan kalo lo emang belum tahu siapa diri lo. Mau kemana jalan hidup lo, mau kuliah dimana, mau jadi apa lo pas tua nanti, mau punya berapa anak, mau punya berapa istri bla bla bla. Intinya lo ga kenal diri lo sendiri. Mungkin orang-orang seperti ini adalah orang-orang yang gampang kebawa kesana kemari. Gampang terpengaruh sama hal-hal baru yang sebenernya belum bahkan gak mereka pahami. 
Contoh, waktu gue kecil cita-cita pertama gue adalah menjadi seorang suster karena gue ngeliat suster dirumah sakit pas ngejagain bapak karena beliau mesti operasi. Abis itu pindah lagi, gue pengen jadi pembaca berita karena gue ngeliat Rosiana Silalahi bacain beritanya mantep dan bahasa Inggrisnya keren. Masuk SMP gue belajar yang namanya Fisika dan cita-cita gue berubah lagi pengen kerja di NASA karena gue jatuh cinta sama ilmu astronomi. Nah itu gue, anak kecil yang keinginannya berubah-rubah karena visualisasi semata tanpa mengerti apa makna sesungguhnya dari keinginan dia. 
Sama kaya orang yang gak percaya sama dirinya sendiri karena perubahan lingkungan tadi. Orang pake BB ngikut pake BB biar kalo kenalan yang pertama ditanyain adalah "pin BB lo berapa?". Orang pasang behel ikut juga masang behel cuma buat dibilang anak gaul. Terus Syahrini rambutnya pake jambul ngikut juga rambutnya dipakein terowongan casablanca. Gue curiga jangan-jangan kalo Andika Kangen Band itu ganteng, besar kemungkinan akan ada banyak orang yang ikut-ikutan juga rambutnya dibikin gaya gorden. Tapi untungnya Andika gak ganteng.
Nah hal-hal kaya gini yang ngebuat orang gak tahu siapa dirinya, gak tahu jati dirinya sendiri. Cuma ngikut sana ngikut sini. Ini yang bahaya. Saat orang lain udah ada di level 7, lo masih jauh tertinggal dilevel nol besar karena lo gak tahu mau apa dalam hidup lo. Sementara persaingan global saat ini makin gila. Orang butuh nyali. Orang butuh self confidence yang tinggi. Nah kalo gak percaya sama diri lo sendiri, gak tahu jati diri lo yang sesungguhnya lo bakal susah dan ya hidup lo gitu-gitu aja. Kepercayaan diri kan erat hubungannya sama produktivitas dan kreativitas, jadi gue saranin buat lo yang masih bertanya-tanya hidup lo mau dibawa kemana *kaya lagu yah* mending dari sekarang lo rubah bad habbits lo. Lo mulai mikir yang bener. Seenggaknya kalo ada orang yang nanya tentang masa depan lo, lo udah punya jawaban saklek, gak jawab "Mmm....belum tau euy, belum kepikiran nih udah lulus kuliah mau kemana".
Yang kedua yaitu krisis kepercayaan diri yang muncul karena pengaruh orang lain atau pengaruh sekitar lo. Biasanya ketidak pedean ini muncul karena kritikan dari orang-orang sekitar. Hanya dalam kasus yang seperti lo mesti telaah dulu, kritikan atau tanggapan yang masuk ke lo itu positif atau negatif. Bisa jadi karena tanggapan tersebut lo jadi ngerubah diri lo padahal lo udah nyaman sama diri lo yang sekarang.
Misalnya gue sendiri nih. Sebenernya gue suka heran sama orang-orang yang suka nanggepin penampilan gue (FYI gue nih cewe yang tiap hari make t-shirt item oblong, jeans sama sepatu cats. Sepatu kucing?). Banyak orang yang suka gomong "Hadeh si ungo, bajunya item lagi item lagi", "Ih si ungo kalo gak kaos band pasti bajunya kaos bola", "Gak panas ngo make baju item melulu?", dan bla bla bla. Nah giliran sekalinya gue make rok atau kerudung gue sedikit dirombak mereka ngomong juga "Ciyeee...dandan", "Ciyeee...pake rok ciyeeee", "Ciyeee...yang sekarang jadi cewe". Emangnya dulu gue bencong? Semprul! Jadi mereka tuh maunya apa? Absurd banget. Gue gini hadeuh, gue gitu di ciye-ciyein.
Nah contoh kaya gitu yang bisa ngerubah lo jadi orang lain kalo lo gak PD. Gue udah nyaman sama diri gue yang sekarang, gue tahu siapa gue dan gue rasa gue jadi seperti sekarang ini gak ngerugiin orang laen, jadi ya kenapa mesti gue rubah. Makanya kalo orang-orang pada ngomong gitu gue sih nyengir aja. 
Tapi lain halnya kalo tanggapan yang masuk ke lo emang lo rasa bener dan bisa bikin lo jadi lebih baik. Itu kenapa tidak? Orang laen ngekritik kan biasanya, kalo yang bener ni yah, pengen ngeliat kita jadi labih baik. Misalnya lo suka ngimeng, terus temen-temen lo nasehatin lo, lo mesti berhenti ngimeng. Nah kritik kaya gitu yang maksud gue baik buat diambil. Tapi kalo misalnya kritikan itu lo anggap dan memang gak penting, ya yang tahu siapa diri lo kan elo sindiri. Kalo udah passion lo kaya gitu ya udah, gak mesti nyari-nyari yang lain yang masih absurd. Karena kalo lo udah punya passion niscaya pede dan berani itu bakal muncul dengan sendirinya. Orang bakal liat dengan jujur siapa elo.
Jadi buat temen-temen yang udah nemu passionnya gue ucapkan selamat, karena minimal kalian kenal sama diri sendiri. Dan buat kalian yang belum tahu dan masih nyari-nyari jati diri, coba lihat dan carinya pake hati. Jangan pake mata, biasanya mata itu kamuflase ;)


 @ungodamn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar