Powered By Blogger

Minggu, 10 Maret 2013

Tanya Jawab Tentang Surga

Berapa luas surga? Luas surga adalah seluas 7 lapis langit dan bumi. Sedangkan luas langit dan bumi hanya Allah SWT sendiri yang tahu.
Lihat : Ali Imran 173 & 133

Bagaimana keadaan didalam surga? ada kebunkah? Ada. Di surga ada kebun yang tanamannya berupa tumbuh-tumbuhan yang semua buahnya boleh dimakan oleh manusia, karena di surga tidak ada lagi larangan dan tak akan ada habisnya (buah-buah tersebut). Yang menarik adalah pohon di surga akarnya diatas, buahnya dibawah, jadi ga perlu repot deh kalo mau metik buahnya :D
Lihat :  Ar Rahman 54
Waqiah 32 & 33

Bagaimana keadaan bangunan di surga? Surga itu bertingkat dan berupa istana-istana. Bangunannya berbeda-beda dan disesuaikan dengan amalan para penghuninya. Selain itu ada kamar-kamar yang berisi dipan, permadani bertahtakan emas, bantal dan guling yang sangat nyaman.
Lihat : Al Furqon 10

Apakah penghuni surga itu makan dan minum? Ya. Mereka akan mendapat piring, mangkuk  dan gelas yang terbuat dari emas dan perak. Dan dikatakan bahwa keindahan emas dan perak di surga belum pernah dilihat mata, belum pernah didengar dan belum pernah terbersit di hati manusia tentang keindahannya.

Apakah penghuni surga memakai pakaian? Ya. Pakaian mereka terbuat dari sutra yang lembut, tebal dan berwarna hijau.

Bagaimana keadaan sungai di surga? Mata airnya berwarna jernih, yang terdiri dari air susu, madu, khamr atau arak (manusia boleh meminumnya dan tidak memabukkan).

Bagaimana cara masuk kedalam surga? melalui pintu? Ya. Di surga terdapat berbagai macam pintu yang sudah ditetapkan sesuai dengan ibadah manusia di dunia. Contohnya pintu royan : khusus bagi orang yang suka berpuasa. Pintu jihad : khusus untuk orang yang sering berjihad, etc.

Lalu adakah orang yang dipanggil oleh semua pintu surga? Ada.Contohnya jika seorang wanita menjalankan shalat 5 waktu, puasa ramadhan, menjaga kehormatan dirinya dan mentaati suaminya, dikatan kepada wanita itu bahwa dia boleh masuk ke pintu surga manapun yang dia mau. Subhanallah. Semoga kita masuk kedalam golongan orang-orang yang dipanggil semua pintu surga. Kalaupun tidak, setidaknya ada 1 amalan yang menjadi keistimewaan kita untuk menjadi tiket masuk ke pintu surga. Aamiin.

Apa keistimewaan penghuni surga? Mereka akan dilayani oleh pelayan-pelayan muda yang tidak akan pernah tua (seperti pula penghuninya yang akan terus muda).

Bagaimana keadaan penduduk surga? Mereka akan tetap muda, umurnya sekitar 33 tahun. Tidak ada nenek-nenek atau anak-anak. Selain itu hati para penghuni surga akan menjadi satu, tidak akan ada lagi iri hati, dengki, sombong, dendam, etc. Di surga semuanya tentram dan harmonis. Para penghuni surga juga akan merasa senang dan bahagia setiap hari, setiap saat, tak akan ada lagi sedih, keluh kesah, murung, etc.

Bagaimana kondisi fisik penghuni surga? Mereka akan tetap sehat, sempurna dan tak akan ada orang yang cacat, baik fisik maupun rohani. Mereka tidak akan sakit dan terserang penyakit.

Di surga ada WC? Walaupun makan dan minum para penghuni surga tidak akan buang air besar ataupun kecil. Tidak pula buang angin. Hehehe.

Terus gimana kalo gak buang air? Konon sisa makanan dan minuman itu akan keluar dari keringat, dan keringatnya para penghuni surga itu wangi kasturi yang sangat harum.


Bakal punya temen gak di surga? Para penghuni surga akan diberikan teman hidup oleh Allah SWT yaitu bidadari surga yang cantiknya tidak akan pernah bisa dibayangkan oleh manusia dan disucikan serta akan selalu suci (perawan). Artinya mereka belum pernah tersentuh oleh manusia, jin dan malaikat sekalipun.

Lalu bagaimana dengan wanita? Diriwayatkan bahwa wanita akan menjadi ratu dengan segala kenikmatan yang belum pernah mereka bayangkan di dunia. Riwayat lain mereka akan berkumpul dengan suami dan anak-anaknya jika mereka benar-benar beriman.

Bisa mengunjungi teman, saudara atau keluarga kita sewaktu didunia kah di surga? Ya bisa. Mereka akan saling bertanya kabar dan mengobrol. Di surga tidak akan ada kata-kata kosong, kotor dan kasar.

Nama-nama surga apa aja?
1) Surga Firdaus : untuk orang yang beriman, khusyuk didalam shalat (artinya memfokuskan diri pada shalatnya), orang-orang yang menghindarkan diri dari ucaoan dan perbuatan yang sia-sia baik dalam pandangan manusia maupun Allah SWT, mereka yang rajin membayar zakat, memelihara kehormatan dirinya, pandai mengendalikan hawa nafsu, pandai menjaga amanah dan menepati janji, memelihara shalat.
Lihat : Al Mu'minun 1-11
2) Surga Adn : untuk orang-orang yang sabar dalam menuntut keridhoan Allah SWT, mendirikan shalat, menginfakan dan membelanjakan rizki dijalan Allah SWT, menolak kejahatan dengan melakukan kebaikan.
Lihat : Ar Ra'd 22 & 23
3) Surga Naim : untuk orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT. Artinya melaksanakan segala perintah dan meninggalkan larangan Allah SWT.
Lihat : Al Qalam 34
4) Surga Ma'wa : untuk orang-orang yang takut pada larangan Allah SWT dan mampu megendalikan hawa nafsunya.
Lihat : An Nazi'at 40 & 41
5) Surga Darussalam : untuk orang-orang yang istiqomah berpegang kepada Islam dan senantiasa mengingat ayat-ayat Allah SWT.
Lihat : Al An'am 126 & 127
6) Surga Darul Muqamah : untuk orang-orang yang senantiasa bertahmid dan memuji kebesaran Allah SWT.
Lihat : Fatir 34 & 35
7) Surga Maqamul Amin : untuk orang-orang yang bertakwa
Lihat : Ad Dukhan 51
8) Surga Khuldi : untuk orang-orang yang bertakwa
Lihat : Al Furqon 15

Nah itu dia sekilas tentang surga. Yang perlu diingat adalah semua keindahan dan kenikmatan didalam surga tidak akan pernah bisa dibayangkan oleh akal manusia. Kalau sekarang kita membayangkan surga itu indahnya kaya gini, nikmatnya kaya gini, sesungguhnya surga jauh lebih indah dan nikmat dari apa yang kita bayangkan.
Semoga kita semua termasuk kedalam golongan para penghuni surga. Aamiin :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar