Powered By Blogger

Senin, 11 Maret 2013

Tanya Jawab Tentang Neraka

Nah, kalo sebelumnya saya nulis "Tanya Jawab Tentang Surga" kali ini rada-rada serem, kita coba sedikit bertanya tentang neraka. Biar pada tobat. Hehehe...

Apa sih neraka? Dalam bahasa Al Qur'an neraka itu disebut Naarun, artinya suatu tempat di alam akhirat yang wujudnya berupa api yang sangat bergejolak dengan dahsyat hingga bisa mengelupaskan kepala hingga ke hati. Ada satu riwayat nabi yang mengatakan bahwa api yang dipakai manusia didunia untuk memasak, membakar kayu dll hanya satu bagian kecil dari 70 kali bagian panasnya neraka jahanam. Rasul berkata "panasnya api neraka dilebihkan 69 kali lipat dari panasnya api dimuka bumi". Saking panasnya api neraka, Nabi Muhammad bilang "seringan-ringannya siksaan penghuni neraka adalah diletakkan ditelapak kakinya satu butir kerikil neraka yang sangat kecil, lalu akan mendidih otaknya". Naudzubillahimindzalik. Itu seringan-ringannya siksaan di neraka, belum yang gedenya.

Kalo disurga kan ada pintu-pintu, apa neraka juga ada pintu-pintunya? Ada. Orang yang masuk kedalam pintu neraka akan disesuaikan dengan dosa yang ia buat waktu hidup didunia.

Kapan mereka masuk ke neraka? Setelah pengadilan dan penimbangan amal ibadah dipadang mahsyar. Orang-orang yang timbangan amalnya lebih berat mereka akan tersenyum dan siap memasuki pintu surga. Sebaliknya, orang-orang yang timbangan dosanya lebih berat daripada amalnya mereka harus dan mau tidak mau untuk siap masuk kedalam pintu neraka. Saat manusia berkumpul dipadang mahsyar itu, dijelaskan bahwa neraka akan melewati mereka semua. Sehingga kita diajarkan untuk membaca kalimat "Allahumma ajirni minannaar" 7 kali sehabis shalat maghrib dan subuh, agar jika kita meninggal antara maghrib ke subuh atau subuh ke maghrib Insyaallah pintu neraka tertutup bagi kita. Aamiin.

Lalu setelah pengadilan itu mereka (calon penghuni surga dan neraka) berpisah? Belum. Terlebih dahulu mereka semua harus melewati satu jembatan yang melintang diatas neraka. Orang-orang yang bertakwa akan diselamatkan oleh Allah SWT, sedangkan mereka yang dzalim akan jatuh kedalam api neraka. Diriwayatkan bahwa jembatan itu bernama Shirat yang kecilnya seperti rambut dibelah 7 dan tajamnya seperti mata pedang.
Lihat : Maryam 71 & 72

Bagaimana cara melalui jembatan shirat itu? Semuanya tergantung dari amalan setipa orang sewaktu dia hidup dimuka bumi ini. Sehingga setiap orang akan berbeda. Ada orang yang melewati jembatan shirat itu secepat kilat, ada yang seperti terbang, ada yang berlari, ada yang seperti jalannya onta, ada yang merangkak dll.

Kalo orang yang terperosok kedalam neraka, lalu bagaimana keadaan di neraka? Sama seperti di surga. Para penghuni neraka juga akan diberi makanan, minuman, perhiasan dan pakaian. Hanya makanan, minuman, perhiasan dan pakaian mereka adalah api neraka. Mereka juga akan diberi buah-buahan. Namanya adalah pohon zaqqum, buahnya adalah duri dari api dan mirip seperti kepala setan serta akarnya keluar dari dasar neraka.
Lihat : As Shaffat 64 & 65

Lalu perhiasannya penghuni neraka apa? Rantai, cambuk, belenggu yang seluruhnya terbuat dari api neraka yang siap merantai, mencambuk dan membelenggu mereka. Begitu mereka sampai kepintu neraka malaikat Zabaniah akan menyambut mereka dengan menyeramkan dan sadis. Naudzubillah summa naudzubillah.
Lihat : Al Insan 4

Berarti orang yang masuk neraka sekali mati dong? Enggak. Kalo sekali cambuk langsung mati sih mending, ternyata enggak kaya gitu. Penduduk neraka tidak akan pernah sedetik pun merasakan istirahat. Mereka akan terus-menerus dan selalu disiksa dan diazab. Jika kepala mereka hancur, akan dikembalikan lagi kepalanya, lalu dihancurkan lagi, lalu dikembalikan lagi, dan begitu seterusnya.

Kalo pakaiannya penghuni neraka gimana? Mereka dikenakan pakaian dari api neraka. Lalu kepalanya dituangi air yang sedang mendidih yang bisa menghancur luluhkan isi perut mereka dan kulit mereka. Setelah itu mereka akan dicambuk yang terbuat dari besi.
Lihat : Al Hajj 19-22
At Taubah 35

Lalu bagaimana siksaan mereka? Ada yang dahi, punggung dan lambungnya dipanggang didalam api neraka. Ada yang lehernya dibelit rantai, diseret sekeras-kerasnya dan dilempar kedalam air mendidih dan dibakar dalam api yang menyala-nyala. Selain itu ada yang dipegang jambulnya dan dikucuri air mendidih. Ada juga yang kepalanya dilempari batu dari api neraka hingga otaknya hancur (contoh orang yang tidak pernah shalat). Ada yang perutnya besar sebesar rumah yang dililit ular lalu diseret kedalam jurang neraka dan dipatuki ular (contoh orang yang suka makan riba, harta anak yatim dan barang haram). Ada pula penghuni neraka yang kukunya terbuat dari tembaga neraka lalu mereka mencakari wajah mereka sendiri (contoh orang yang selalu tidak rukun dengan sudara sesama muslimnya sewaktu didunia dan selalu mengungkapkan aib saudaranya itu). Selain itu ada juga yang lidahnya terjulur memanjang lalu digunting dari api neraka (contoh orang yang waktu didunia tidak pandai menjaga lidahnya. suka ngomongin orang, fitnah, menggunjing dll). Ada lagi perempuan yang rambutnya tergantung dari gantungan api neraka lalu dipangganglah dia dari duburnya hingga kepalanya dengan tombak dari api neraka hingga mengeluarkan nanah dari kemaluannya (contoh perempuan yang tidak pandai menjaga kehormatan dirinya, tukang zinah dan tukang umbar aurat). Naudzubillahimindzalik.
Lihat : Al Mukmin 71 & 72 
Ad Dukhan 47 & 49

Jenis-jenis neraka apa aja?
1) Neraka Jahanam : untuk orang-orang yang dzalim kepada Allah SWT, mendustakan ayat-ayat Allah SWT dan kebenarannya, orang-orang kafir, pengikut syaitan, khufur nikmat dan durhaka.
Lihat : Al Ankabut 68
Al Hijr 42 & 43
Thaha 74
Ibrahim 28 & 29
2) Neraka Jahim : untuk orang-orang yang bermegah-megah didunia dan menumpuk harta hingga lupa akan Allah SWT, berbuat durjanah, menentang ayat-ayat Allah SWT sehingga melemahkan orang-orang yang mengikuti Rasul-Nya.
Lihat : At Takasur
Al Infitar 13 & 14
3) Neraka Hawiyah : untuk orang-orang yang ringan timbangan kebaikannya.
Lihat : Al Qari'ah 8-11
4) Neraka Wail : untuk orang-orang yang mendustai agama, menghardik anak yatim. Hati-hati mungkin saja orang yang rajin shalat, ngaji, zakat bisa terganjanl masuk kedalam surga karena ada tetangga yatimnya yang merintih menahan lapar sedangkan dia tahu, mampu tapi tidak menolong. Selain itu para penghuni neraka wail adalah untuk orang-orang yang membiarkan fakir miskin, melalaikan shalat dan ria didalam amalnya serta enggan membayar zakat.
Lihat : Al Ma'un 1-7
5) Neraka Sair : untuk orang-orang yang memakan harta anak yatim, mengingkari kebenaran yang telah diturunkan Allah SWT.
Lihat : An Nisa 10
Lukman 21
6) Neraka Lazha : untuk orang-orang yang membangkang dan menjauhi agama, berpaling dari kebenaran dan suka menumpuk harta serta menyimpannya, tidak mau membayar infak, zakat dan sedekah.
Lihat : Al Ma'arij 15 & 17
7) Neraka Saqar : untuk orang-orang yang tidak penah shalat, tidak pernah memberi makan orang-orang miskin, ahli membicarakan yang bathil serta mendustakan hari akhir.
Lihat : Al Mudatshir 42-47
8) Neraka Hutomah : untuk orang-orang yang yang suka pengumpat, mencela, menghina, mencari aib saudaranya dan menumpuk serta menghitung-hitung harta lalu kikir dan bathil.
Lihat : Al Hujurat 11 & 12 
Al Humazah 1-7

Kekal kah para penduduk neraka itu? Ada 2 macam. Ada yang kekal dan ada yang tidak. Mereka yang kekal didalam neraka adalah mereka yang kafir, musyrik dan munafik. Bahkan disebutkan bahwa orang munafik itu berada didasar jurang neraka yang paling bawah alias kerak neraka. Naudzubillahimindzalik. Sedangkan orang-orang yang tidak kekal di neraka adalah meraka orang-orang muslim yang waktu didunia berbuat dosa. Mereka akan diazab terlebih dahulu sesuai dosa mereka selama didunia, lalu setelah itu mereka akan diangkat dari neraka dan dimasukkan kedalan surga.

Nah, itulah sedikit tanya jawab tentang neraka. Sungguh menyeramkan. Naudzubillahimindzalik. Semoga kita, keluarga kita, saudara kita, sahabat kita dan seluruh umat muslim terhindar dari pedihnya azab neraka. Semoga kita semua termasuk kedalam golongan ahli surga. Aamiin Ya Rabalalamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar