Powered By Blogger

Kamis, 06 Juni 2013

Dikenal Karena Kerudung

Ketika berjalan-jalan dipusat kota Nuernberg, Jerman, saya melihat ada sebuah toko yang memang khusus menjual marchendise-marchendise metalhead, seperti t-shirt, bendera, pin, jaket, tas, dll. Ketika saya masuk, dari kejauhan si penjual melempar senyumnya dengan ramah sambil melayani 3 orang anak muda yang ingin membeli t -shirt. Saat itu ada sepasang sepatu boots yang menarik perhatian saya. Ketika sedang melihat boots tersebut sang pemilik toko (berbeda orang) datang menghampiri saya. Seraya tersenyum dia pun mengucapkan "Assalamualaikum". Dengan sedikit kaget saya pun membalas senyum dan salamnya. Lalu dia berjalan keluar toko untuk menghisap rokoknya.
Setelah puas melihat boots, saya beralih ke jajaran rak tas-tas Metallica. Sekali lagi, si pemilik toko datang menghampiri saya, lalu berkata "Alles ist halber Preis fuer Sie" (Semuanya setengah harga untuk Anda). Karena heran, saya pun bertanya "Echt? Warum?" (Hah? Kenapa?). Dengan tanpa ragu sedikit pun sang pemilik toko menjawab pertanyaan saya yang membuat saya terharu. Dia menjawab "Weil Sie ein Muslim sind, so sind Sie meine Schwester" (Karena Anda Muslim, maka Anda adalah saudara saya). Bukan karena setengah harga, tetapi karena kesahajaannya yang menyentuh hati saya. Disebuah negara non Muslim - dimana pun itu- jika kita benar-benar memahami konsep persaudaraan yang diajarkan Islam, pasti hanya kedamaian yang ada dimuka bumi. Kami Muslim, walaupun berbeda suku, budaya, bahasa namun tetap saling mendoakan karena kami saudara. 
Dari kejadian siang itu saya mendapat pelajaran bahwa kepercayaan membawa pada sebuah kebaikan dan pemahaman membawa pada sebuah kebahagiaan. Si penjual toko tadi mungkin juga tidak akan mengenali saya sebagai seorang Muslim jika saya tidak mengenakan kerudung. Satu lagi hikmah yang saya ambil, beda karena Allah SWT mendatangkan berkah. Selain memberi saya setengah harga, sang pemilik toko yang ternyata berasal dari Arab dan Jordania, mendoakan saya agar suatu saat saya bisa ke Mekkah dan berkata "Wenn Sie Probleme haben oder etwas brauchen, dann kommen Sie hier" (Kalau Anda ada masalah atau membutuhkan sesuatu, datanglah kemari). Indah bukan? Itulah konsep Islam. Semoga kebaikan Anda dibalas oleh Allah SWT. Aamiin.


@ungodamn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar