Powered By Blogger

Selasa, 11 Desember 2012

Siapa Bilang Perpustakaan Kuno?

PERPUSTAKAAN!!! Tempat yang selalu dicap "menjenuhkan" dan bukan termasuk temapt favorit bagi kebanyakan orang. Para pelajar biasa ogah banget ke perpus, padahal harusnya kan perpus itu jadi tempat yang sering dikunjungi selain kelas. Termasuk saya nih. Jujur selama 3 tahun kuliah saya belum pernah sekalipun pergi ke perpustakaan kampus. Entah kenapa bawaannya males, padahal saya orang yang sangat suka membaca. Mungkin selain karena bangunan perpusnya gak menarik, menurut temen-temen saya yang udah pernah ke perpus, katanya buku-buku disana ga aktual. Jadi ya...bikin males nyari buku di perpus.
180° berbanding terbalik dengan keadaan perpustakaan di Jerman. Setiap minggu saya rajin pergi ke perpus. Setelah saya bandingkan nih -berdasarkan pengalaman-, saya pun menarik kesimpulan -dari perspektiv awam penikmat buku-, kenapa orang-orang di Indonesia khususnya pelajar kurang mencintai perpustakaan.
Pertama, bangunan. Perpustakaan di Indonesia itu kebanyakan bentuknya gak menarik, bahkan terkesan kumuh. Udah orang-orangnya emang jarang yang suka baca, ditambah tempat bacaannya gak banget, ya tambah maleslah orang-orang mau baca. Rumah hantu sama perpustakaan jauh lebih menarik rumah hantu kan? Padahal menurut logika rumah hantu itu harusnya lebih menyeramkan daripada perpustakaan. Tapi itu gak berlaku, justru perpustakaan yang menyeramkan sedangkan rumah hantu menyenangkan. Aneh bukan? Ya itulah kita. Udah dianggap nyeremin, penghuninya juga gak mau ngerawat. Gak jarangkan kita ngeliat perpustakaan dinegara kita kotor. Bukan cuma lantainya, bahkan bukunya pun penuh debu. Gimana mau narik minat baca kalo bahan bacaannya aja gak dirawat. 
Pertama kali saya pergi ke perpus disini -Jerman-, saya langsung jatuh cinta sekaligus miris karena waktu itu saya langsung teringat bagaimana kondisi perpustakaan di Indonesia. Selain gedungnya bagus, disini kita gak bakal nemu sampah, baik itu plastik, kertas atau debu sekalipun. Semuanya bersih dan terawat. 
Kedua yang saya bandingkan adalah media. Kalau di Indonesia biasanya perpus cuma ada jajaran rak-rak buku tua, meja dan kursi, disini sangat berbeda. Buku-buku yang disajikan lengkap, dari buku anak-anak hingga dewasa. Ada komik, buku bacaan, majalah, kumpulan puisi, biografi, cerpen, naskah drama, novel, buku pelajaran, kamus berbagai bahasa hingga DVD Film, pelajaran dan musik. Semua genre lengkap. Bagian perpus favorit saya adalah ruang musik. Kalo udah diruangan ini berasa di paradise. Dan semuanya aktual. Jadi kita gak akan ketinggalan ilmu pengetahuan terbaru. 
Selain itu, perpustakaan disini dilengkapi ruang audio. Jadi yang mau nyetel DVD diperpus ya monggo, yang mau ngerjain tugas juga kenapa nggak. Disini disediakan tempat khusus untuk belajar. Jadi yang baca sama yang belajar (ngerjain tugas) disediain tempatnya masing-masing.
Hal yang menarik lainnya adalah tempat baca yang fresh. Kalo di Indonesia orang-orang lebih suka baca buku dirumah atau ditempat lain dibanding diperpus, disini justru lebih menyenangkan membaca buku diperpustakaan. Tau kenapa? Selain atmosfirnya emang beneran cocok buat baca, kursi untuk pembaca disediakan dengan sangat baik. Kursi -yang menurut saya labih cocok disebut sofa- membuat pembaca nyaman dan terlena dengan imajinasinya saat membaca. Jadi gak heran kalo orang-orang betah diem diperpus.

 (pemandangan diruang baca)

(contoh kursi diruang baca)

Terakhir yang biasanya bikin orang males keperpus adalah sistem meminjam dan mengembalikan buku yang ribet dan juga harus bayar kalo mau jadi anggota perpustakaan. Setuju? Disini kalian gak usah ribet nungguin petugas perpus nyatet buku yang mau dipinjem atau dibalikin, karena disini semuanya otomatis. Biarkan mesin yang bekerja :D Selain itu daftar dan bikin kartu anggota perpusnya juga gratis. Kurang apa lagi coba? Alasan apa lagi yang ngebuat orang males keperpus? Ya kecuali kalo dia emang gak punya waktu atau emang bener-bener gak suka baca.
Dari pengalaman ini saya semakin mengerti kenapa orang-orang Eropa sangat membudayakan membaca. Selain karena mental mereka yang terdidik, pemerintah pun berperan sangat aktiv dalam memfasilitasi warganya dengan baik. Lihatkan, betapa berharganya buku dinegara-negara maju. Bagaimana dengan di Indonesia?
Semoga kita para generasi muda bisa menjadikan semuanya lebih baik untuk Indonesia.
Jika mereka tidak peduli, mengapa kita yang tahu ikut-ikutan tidak peduli?
Mari budayakan membaca dan peduli perpustakaan, sehingga anak-anak kita nanti menjadi anak-anak yang tidak bisa mereka bodohi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar