Powered By Blogger

Senin, 10 Desember 2012

Cara Simple Belajar Ikhlas

Ikhlas, 1 kata yang terdiri dari 6 huruf. Simple, tapi sulit banget buat dijalanin. Terkadang atau mungkin sering kita dihadapkan pada sesuatu yang menuntut kita untuk ikhlas. Namun luar biasa sulit mengikhlaskan sesuatu, terutama jika itu sangat berharga bagi kita. But well, sulit bukan berarti gak bisa!
Disini saya mau berbagi sedikit tips gimana caranya belajar ihklas :D
Pertama, pikirin lagi bener-bener dan tanya kediri sendiri bener gak sih sesuatu itu sangat berharga atau berat buat kita sehingga kita sulit buat nerima atau ngelepasinnya? bener gak ada yang lebih penting dari  itu?. Kalo jawabannya "nggak", yaudah kelar. Ngapain mseti murem lagi?! Tapi kalo jawabannya "iya", coba cara kedua.
Jangan ngeliat keatas, tapi ngeliat kebawah. Kalo kalian bener-bener down dan terkadang nganggep Tuhan itu gak adil, coba deh kalian bayangin orang lain yang nasibnya jauh lebih parah dari kalian. Masih sangat banyak orang diluar sana yang nasibnya sangat mengkhawatirkan. Kemiskinan, kelaparan, orang-orang yang terbaring dirumah sakit dengan berbagai macam penyakit aneh dan harus berjuang melawan maut, atau bahkan saudara-saudara kita di Palestina yang setiap saat harus melihat darah saudara mereka sendiri. Kita bersyukur masih sehat, masih bisa makan, masih bisa bernapas tanpa selang oksigen, masih bisa ngeliat. Coba bayangin kalo Tuhan ngambil mata kita. 1 aja. Gimana? Gak mau kan? Makanya bersyukur itu sangat penting.
Ketiga, jangan pikirin hal-hal yang masih jauh, tapi pikirin hari ini aja. Hari ini udah ngelakuin hal positif apa aja? Hari ini udah bermanfaat belum buat orang lain? Hal-hal jauh yang masih absurd gak usah dijadiin beban pikiran. Emangnya yakin masih ada umur? Gimana kalo hari ini hari terakhir kita ngeliat keluarga kita, sahabat-sahabat kita? Gimana kalo hari ini hari terakhir kita ngerasain hangatnya sinar matahari? Gak boleh mikir jauh gak berati gak boleh punya cita-cita ya. Itu konteksnya lain lagi. Disinikan kita lagi belajar ikhlas. Maksudnya jangan terlena dengan hal-hal yang belum tentu, sedangkan yang didepan mata terbengkalai.
Keempat do'a. Yup. Do'a ini penting banget. Tanpa do'a kita menjadi kosong. Coba deh minta sama Yang Maha Kuasa biar dibersihin hatinya, biar dikasih yang terbaik. Insyaallah, Dia menjawab. 
Kalo kita ikhlas dan terus berdoa, Insyallah sesuatu itu pasti kembali atau Dia ganti dengan yang lebih baik.
Nah, empat cara itu yang biasanya saya lakukan kalo saya lagi ngerasa gak ikhlas akan sesuatu. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat semua ^__^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar