Powered By Blogger

Jumat, 26 Oktober 2012

My First Thanksgiving

Apa sih artinya thanksgiving itu? Saya juga gak tahu ^__^
Ini adalah pengalaman pertama saya merayakan thanksgiving, walaupun bukan di USA, tapi di Jerman. Yup, thanksgiving memang  berasal dari negeri paman Sam. Kebetulan di Jerman ini saya tinggal bersama orang Kanada, jadi kali ini saya ikut merayakan thanksgiving. Dan ternyata thanksgiving adalah sebuah tradisi orang Amerika untuk berkumpul bersama keluarga dan bersyukur atas nikmat yang Tuhan berikan. Mmmm.. mirip kaya lebaran kali yah kalo di Indonesia.
Berhubung kami disini tidak punya keluarga, alhasil teman-temanlah yang diundang. Beberapa orang asal Kanada dan tentunya teman asli Jerman. Karena kami menjadi tuan rumah, jadinya udah dari 1 hari sebelum perayaan kami sibuk mempersiapkan semuanya, mulai dari dekor ruangan, belanja, milih wine paling enak, bikin kurbis (ituloohh... labu orange yang digambarin wajah, paling beken pas halloween) dan yang paling ribet masak. Ada sup labu, sayuran, cemilan, kentang, jagung schotel, roti, macem-macem saus dan yang paling penting nih, yang jadi ciri khas thanksgiving, kalkun dan pie. Woooooooo :O
Ternyata masak kalkun itu ribet. Selain karena ukurannya yang jumbo, bumbunya juga banyak. Tapi beeeuuu...rasanya emang mantep! Enak bangeeettt. Kalo di Indonesia biasanya orang makan daging sama saus cabe yang super pedes, tapi disini beda. Kami makan kalkun pake saus cranberry yang rasanya asem manis (menurut saya itu lebih cocok disebut selai untuk roti daripada saus untuk daging). Tapi well, enak-enak aja kok :D Justru itu yang bikin rasanya menarik. Selain aroma wine yang khas dikalkunnya (soalnya masaknya pake wine), rasa daging kalkunnya yang gurih ditambah saus beri asem manis bikin mulut ga berhenti ngunyah si kalkun. Dan ini adalah kali pertama saya juga merasakan pie labu. Aromanya sangat-sangat kuat dan  warnanya pekat. Begitu dimakan.... Hmmm ga enak!!! :'( Saya gak suka pie labu!!! Saya gak bisa mendeskripsikan gimana rasanya karena buat saya itu sangat-sangat aneh. Perpaduan antara labu yang benyek, dicampur pala yang rasanya kuat, terus ditambah banyak rempah-rempah lain, bikin rasanya gak matching banget. Karena pie itu disajikan buat dessert, ya mau ga mau harus abis. Mana potongannya gede banget lagi. Rasanya udah mau muntah, udah gak berani ngunyah deh. Takut dianggep gak sopan, terpaksa deh diabisin. Pas ditanya "gimana enak?" "hehe..enak kok enak" sambil nahan pengen muntah. Ntah pucat atau tidak wajah saya waktu itu *semoga tidak*. Kapok deh pokoknya makan pie labu.
Dari semua acara thanksgiving yang paling berkesan  buat saya adalah pas bikin kurbis. Udah dipotpng wajahnya terus dipasangin lilin didalemnya, jadi pas dinner labunya nyala. Bagus bangeett ^.^ O ya, satu lagi nih kebiasaan orang Amerika kalo diundang ke acara thanksgiving, ngasih wine ke tuan rumah. Alhasil malam itu kami dapet banyak sumbangan wine. Dan yang paling banyak adalah wine asal Prancis, Bordeaux. Kami pun mengahabiskan  waktu bersama dengan mengobrol sampai malam. Malam itu jadi malam indah thanksgiving pertama saya (kecuali si pie labu!!!).
Hidup dinegeri orang menjadikan kita mengetahui berbagai macam budaya dan tradisi secara langsung.
Happy Thanksgiving all :')



Tidak ada komentar:

Posting Komentar