Powered By Blogger

Kamis, 11 Oktober 2012

KKN REBEL LOVE STORY - Untuk Sahabatku...


Semester 6 duduk di bangku kuliah tiba waktunya buat ngontrak mata kuliah yang CUMA (sengaja di bold biar kesannya dramatis kaya sinetron sinetron tontonan emak emak yang ceritanya ngomongin harta, warisan.... _:,=84ß*** kenapa jadi bahas sinetron? Oke, mari fokus lagi ke KKN) 2 SKS tapi perlu waktu 40 hari minggat dari rumah/kostan buat lulusnya. Apalagi kalo bukan KKN! YES KKN – sekali lagi nih gue bold » K K N !!! Awalnya sih emang ribet - RIBET BANGET malah. Musti sekelompok ama orang-orang yang ga dikenal dari berbagai macam fakultas, tiap hari gadang nongkrongin website KKN ampe beler (akhirnya tetep aja daftarnya telat -  jadi didaftarin temen), deg-degan karena gak tau nanti ditempatin dimana - ama siapa, udah bikin kelompok sendiri (tapi gak jadi sekelompok juga -__₋"), belum ditambah isu dari kiri kanan yang bikin semua anak yang ngontrak KKN diliputi rasa GALAU #tsaaahhgalau.
Akhirnya atas takdir Tuhan #eeaakk gue dapet tempat KKN di Gudang Kahuripan, Lembang yang letak geografisnya subhanaalloh sekali bikin betis bekonde. Begitu tau tempat ama anggota kelompok tiba saatnya kopi darat ama anggota kelompok yang gue sama sekali ga ada yang kenal 1 orang pun waktu itu. Dimana lagi kalo bukan di PARTERE –taman romantis nan penuh misteri dikampus–. Waktu itu gue duduk termenung seorang diri dibangku dibawah pohon beringin *soundtrack film kuntilanak mengiringi* sambil celingukan nyari nyari mana kelompok gue, soalnya waktu itu partere dipenuhi lautan mahasiswa pengontrak KKN lain yang lagi kopdar juga. Setelah SMSan #ciyeeSMSan akhirnya ada juga yang nyapa gue "ungo?", "iyaaa", "hi, epiw *sambil nyodorin tangan dan senyum*", "ungo, salam kenal..", abis kenalan ama epiw, tiba–tiba cewe dibelakangnya nyeletuk "oh, ungo tu CEWE? Dikira COWO" –kejadian LAGI kan, kejadian LAGI! Untuk keseratus kalinya gue disangka COWO. nassiiippp₋.
Singkat cerita kita udah kumpul semua, duduk melingkar ditaman diatas rerumputan *arateul buzzuur* dan mulai ngenalin diri satu per satu. Dan...pas perkenalan akhirnya lagi "ih...gue kira ungo tu cowo loohh" *ga perlu dibahas lagi deh, tarik nafas panjang aja*. Kesan pertama pas perkenalan itu yang ada dibenak gue "ni anak anaknya kok pada pendiem gini, mau idup gimana gue 40 hari ama orang orang tanpa selera hidup yang menggebu-gebu??? Ga bisa headbang! Damn!". Tapi ternyataaaaa, it was totally wrong. haha. Setelah kenal mulai deh dari situ sering SMSan, komen komen status pesbuk, ngumpul, ketemuan lagi, bikin proker, minjem duit, tukeran celana dalem... *dikeroyok anak-anak*. Akhirnya tiba juga hari keberangkatan, semua mahasiswa dikumpulin didepan gymnasium dan berangkat ke posko KKN nya masing-masing.
Hari pertama nyampe di posko KKN, ngecek HP, baca tulisan "NO SERVICE AVAILABLE". *ngedip ngedipin mata, takut salah baca*. Gue melotot lebih dekat ke layar HP » tertulis dibagian atas layar NO SERVICE AVAILABLE!!! Damn!! GA ADA SINYAAALLL!!! Mampus. Baru nyampe udah sedih ngeliatin HP yang mati suri, idup tapi ga bunyi, baterai full, pulsa banyak, sinyal kosong :(. Masih berkabung karena sinyal, akhirnya kita memutuskan untuk maen UNO. Pas maen UNO itu akhirnya gue tahu anak-anaknya ternyata asik, rame dan GA PENDIEM –sumpah ga ada diem-diemnya-! Sehari, dua hari, tiga hari, makin deh pada keliatan aslinya *ngetik sambil senyum senyum sendiri ngebayangin tingkah kalian my lovely KKN friends*. Setelah lebih mengenal keadaan rumah, akhirnya dapet juga spot-spot dimana ada sinyal nyangkut, kaya diatas kulkas, diatas TV, diatas kursi samping tempat tidur. Dari situ singkatan KKN gue pun berubah bukan "Kuliah Kerja Nyata" tapi "Kaditu Kadieu Neangansinyal" dengan tema "Alhamdulillah Yah Dapet Sinyal".
Hari demi hari pun dilalui dengan penuh permainan UNO. Gue paling suka adegan kalo ada salah satu dari kita yang dapet banyak kartu PLUS, itu adalah penderitaan orang lain yang menjadi hiburan paling menyenangkan selama permainan, haha. Saking bosennya maen UNO, kita nyoba permainan lain, yaitu GEBRAKAN –dan percobaan pun sukses -sukses bikin berisik dan dimarahin paketu-. Dan gue seneng bikin paketu marah-marah, liat bibirnya manyun, geleng-geleng pala, nepok-nepok jidat… so funny, bikin kita cewe cewe tiap hari ngegodain si paketu tercinta. *baru nulis ampe sini, gue udah kangen kalian guysss*. Tapi permainan kartu terakhir tuh yang bikin nafsu, apalagi kalo bukan maen WADUK WADUKAN! Hadeuuhhh ngaWARADUK kabeh XD.
Bukan KKN namanya kalo ga ada CINTA BERSEMI #eeaakk. Salah satu anggota kelompok gue ternyata diem-diem ngecengin tetangga anak SMA *hahaa, EHM*. Gue masih inget tiap kita ngajar di TPA, terus ada doi lewat pasti kita pada ribut deh, ampe kita punya selogan penyemangat kelompok yang diambil dari nama doi. Masih inget kejadian pas DIKAU mau ngasiin permen kiss yang tulisannya "kenalan"? hihiii, lucu yah.. malu malu bangke #eh kucing. Tapi setelah kenal ama doi rasa cinta DIKAU pun menghilang… -tapi akhirnya nemu kecengan baru lagi ya, haha-. Ngomongin TPA, gue jadi kangen ama bocah-bocah yang pada nakal itu » Jati, Angga, Ari, Dede, Rahmi, Syifa, Hendrik, apalagi si Ilham, bocah yang suka berantem ama gue, yang suka ngebully, hmm…kangen. Walopun mereka nakal, susah diatur –pengen gue jitak satu-satu– tapi ternyata setelah pisah kangen juga, padahal kita paling males yah kalo disuruh ngajar ke TPA. Masih inget deh kita suka pada ga mau kalo kebagian ngajar fiqih, terus pas kita kalang kabut karena harus ngajar TAJWID –damn, tajwid man tajwid-. Inget perjuangan bapake nyari buku kisah nabi-nabi ke perpus kampus *terharu*.  Tapi lucunya kita tiap hari ngajar di TPA, pas nyusun laporan kaga ada yang tau apa kepanjangan dari TPA. Paraahhhhh -_____-"
Piket masak juga selalu jadi bagian cerita yang menyenangkan karena kita selalu bereksperimen dengan masakan sendiri –enak gak enak makan, titik–. Awalnya sih kreativ, tapi lama kelamaan akhirnya kita kebingungan juga dengan menu yang mesti dimasak. Apalagi selain TEMPE dan TAHU? Ini TEMPE ama TAHU mesti dijadiin apa lagi? Ada sayuran apa lagi yang belum pernah kita masak? Dan itu kerasa banget pas puasa. Nanti sahur masak apa? Buka puasa mau sama apa? Ta'jil gimana? Lieur tah lieur :D Kejadian lucu sekaligus mengharukan adalah pas kita semua kabur cuma buat nyari semangkuk mie ayam dan pulangnya malem banget, terus bapake nungguin kita dengan resah dipinggir jalan, sedangkan kita semua ga ada yang berani nyapa bapake karna dia udah bertanduk dengan bibirnya yang manyun. Selain itu juga gue ngerasa terharu banget pas bapake ngawal kita dari awal sampe akhir maen di Ciwalk ampe malem "Maaf ya bapake, kita hobinya betingkah terus. Mianhae…".
Gue kangen Dita yang suka godain bapake pake gombalan-gombalan mautnya, kangen Wili yang suka pengen meraba-raba bapake *astagfirulloohh, bukan muhrim, haha*, kangen kentutnya ujay, kangen kalian semua. Kita biasanya suka ngakak kalo udah liat tingkah si Ninis yang kaya tokoh Alia di AADC, kita ngomong udah ke Jogja, dia masih mentok di Cicaheum, hadeeuuhhh bikin naek darah, tapi bikin ngakak. Gak kalah lucu juga kalo ngerjain si Dita tentang bajunya, ngakak kalo udah liat dia bingung sendiri mesti pake baju apa ampe 3 kali gonta ganti baju. Jangankan mau ada kegiatan formal, mau terawehan aja mikir pake bajunya udah ngabisin 2 abad -_____-", tapi gue seneng liatnya, hiburan tersendiri hahaha.
"...Pecahkan saja gelasnya biar ramai. Biar mengaduh sampai gaduh. Ada malaikat menyulam jaring laba-laba belang ditembok keraton putih. Mengapa tak goyangkan saja loncengnya biar terdera. Atau aku harus lari kehutan lalu ke pantai", "...aku ingin menjadi yang halal bagimu. Yang akan kau kecup keningnya dan kau hapus air matanya...", "Hadihi fitnah! Hadihi fitnah!" - udah berapa kali tuh kita nonton AADC ama Ayat-Ayat Cita selama KKN? Ampe kita hapal tiap adegan dan dialog tu pelem. Tapi yang paling nempel Full House ya guys, ampe lupa dunia lupa tugas mantengin Lee Yong Jae, ngakak-ngakak, marah-marah ke si Kang Hae Won, kasian ke si Ji Eun, bela-belain ke pasar Lembang nyari DVD nya, bela-belain ngambil dulu DVD room ama speaker ke kostan cuma buat nonton FH berjamaah. Tapi hasilnya kita jadi punya tarian kelompok KKN yahhhh… masih inget kita latihan nari malem-malem, ngapalin lirik ama gerakannya sampe kompak. Dan saking konsentrasinya nonton FH, kita jadi ngeblock followers kita yang mau pada maen ke rumah. Inget si Fatimah guys? Hahaha… jahat ih kita :P
"Komse mariga hamse baiso
Apa gom oma gom egi gom
Apa gomeun tungtunge
Oma gomeun naiside
Egi gomeun namegiyawa
Utsu utsu caranta" – ost. Full House, lirik : sesat, sekedengernya kuping, jangan ditiru!
Selain ngakak-ngakak program kerja KKN kita juga adalah ngombat alias ngomongkeun batur. Wew! Gue paling inget tuh pas kita semua mencak-mencak ke ibu-ibu yang mulutnya ember pas lomba cerdas cermat >,< menyebalkan!!! *istighfar, puasa*. Dan gara-gara tu ibu juga yah kita disuruh (baca: dipaksa) ikut pengajian siang bolong di masjid dan akhirnya gue mengeluarkan jurus gue buat acting "ga jadi deh pengajiannya, selamet… selamet…". Kalo dipikir-pikir berarti kita cuma ikut pengajian ibu-ibu sekali doang yah, untuk yang pertama dan terakhir, langsung kapok deh gara-gara solawatan pake bahasa sunda yang sama sekali tidak dimengerti. Blah bloh eta ibu-ibu ngaromong naon o.O *maafkan kami wahai para ibu*. Selain itu kalian pasti gak akan lupa dong ama kejadian gue and Kiwil yang ngajak ribut Bu Haji dabelyuidabelyui pas teraweh. Akhirnya  tiap teraweh kita jadi trending topic terus.
Hidup itu kalo bahagia terus ga rame, ga ada tantangannya, jadi di cerita KKN kita juga ada sedihnya yah. Alhamdulillah. Pas insiden ama si abang yang di masjid pulangnya pada mewek, terus pas kita ngumpul buat rapat evaluasi diri diruang tamu. Tapi dari situ kita jadi dapet pelajaran, jadi lebih tahu satu sama lain, jadi lebih saling mengerti. Ambil hikmahnya aja :)
By the way bus way, nenurut hasil riset gue ni yah, ternyata kejadian atau kebiasaan hidup 1 orang dapat mempengaruhi kejadian atau kebiasaan hidup orang lain yang ada disekitarnya. Ga percaya? Cekidot! Pertama, gue baca buku 4 series kalian juga ikut-ikutan baca ampe tu buku jadi dekil. Kedua, Dita hobinya ngecengin bapake, akhirnya kita semua jadi ikut-ikutan ngeceng dengan mengeluarkan berbagai  panggilan sayang dari mulai sayang, bebep, omet ampe honey. Ketiga dan yang paling fenomenal mengalahkan kefenomenalannya Dewi Perssik adalah waktu Dita putus ama cowonya, kenapa cinta Kiwil, Aciw ama penulis ikut-ikutan kandas. Dan itu terjadi dalam waktu yang berurutan. 1 minggu posko kita melahirkan 4 jomblowati baru.  Jadi kesimpulannya variable X dan Y kejadian-kejadian itu memiliki keterkaitan satu sama lain. Entahlah… ini menurut penelitian ngawur gue aja.
Ada pepatah bilang, kalo ada pertemuan pasti ada perpisahan. Finally itu juga terjadi ama kita. Hari itu, malam itu…… gue masih inget gimana kita ngumpul di tengah lapang, yang laen pada seneng ngeliatin kembang api sambil ketawa-ketawa, kita ngelingker… Berpelukan… Nangis…. Masih kebayang semuanya dibenak gue. Sambil pelukan kita nyanyi… Teriak… Saling minta maaf… Bikin janji…. So sweet banget. Momen perpisahan itu emang pahit, tapi sekaligus manis. Bittersweet.  Semuanya campur aduk. Tanpa terasa dan ga disangka, kita udah jadi sahabat, jadi saudara bahkan keluarga. Awalnya ga kenal, jaim-jaiman, tapi sekarang kita satu. Satu sedih yang lain sedih, satu bahagia yang lain bahagia.  How lucky I am bisa dikasih kesempatan sekelompok ama kalian my besties. Gue ga tau lagi mesti nulis apa buat ngungkapin senengnya gue bisa kenal ama kalian. Yang jelas gue sayang banget ama kalian guys. Sayang bangeeettt.
Inget janji kita pas kembang api yah, bahwa kita harus selalu satu. Kalo ada apa-apa jangan pernah sungkan ataupun malu buat ngomong. Kalo ada apa-apa cerita, mau sedih mau seneng cerita. Harus selalu kasih kabar. Pas nikah harus pada dateng. Kalo SMS harus di jarkom. Harus nyempetin buat ketemuan. Hidupkan basecamp kita, jangan sepi. Keep in touch pokoknya.  AZA AZA FIGHTING!!!!

KKN Gudang Kahuripan RW 05 :
  • Hasannudin aka Sayang, Omet, Bebep, Honey and Bapake » cowo paling baik dan paling ga neko-neko yang pernah gue temuin, paling anti sentuhan ama cewe yang bukan muhrimnya, hobi nepokin jidat, manyun, geleng-geleng kepala sama bilang "sok ajah".
  • Atik Dwi Larasati aka Bunda » cewe paling baik diantara semua anggota kelompok. Keibuan, pengertian, tukang merhatiin orang, pendiem tapi sekalinya ngomong JLEB moment banget.
  • Fauziah Nurlaeli aka Ujay » ibu bendahara yang cantik tapi punya kentut yang ga kekontrol. Dimana pun kalo udah ada panggilan dari pantatnya si kentut pun ga bisa ditahan, bahkan pernah kentut kenceng depan kecengannya. Paraaahhh…. -_____-"
  • Repiyanti Hendria aka Epiw » cewe super imut yang punya rambut super lucu. *plis piw, gue mau rambut lo piw…*. Hobi nonton Harry Potter, pencetus kata METAL *ngakak guling-guling* and ga pernah marah.
  • Wili Hena aka Kiwil » cowo, eh cewe maksudnya, hehe. Cewe yang hobinya ngecengin si Ninis. Kalo ngomong kaya ngescream, hobi galau. Jalu tapi galau wae XD.
  • Dita Eka Puspita aka Kudit » lulusan pesantren tapi hobinya godain bapake. Paling bingung kalo mau dibaju. Bisa 3-4 kali ganti baju kalo orang yang ditanya tentang bajunya bilang "kayanya bagusan yang ini deh..." "yang tadi lebih bagus...". *ga berani ngebayangin gue berapa ratus kali dia mesti ganti baju kalo mau nikah *. Oya satu lagi, dimana ada kesempatan, ada celah dikit langsung deh jiwa salesnya muncul dengan menawarkan berbagai macam barang dagangannya.
  • Rima Garlina aka Mae or Cideug » cewe langsing yang cowonya pada dikeceng anak-anak kelompok. Kalo makan paling lama, makanan yang masuk ke mulutnya dia kunyah sebanyak 33 x ampe jadi glukosa baru dia telen. Orangnya ga bisa senyum, bisanya nyengir doang.
  • Rajab Arief Basuki aka Rajab » cowo yang hobinya ngomongin partikel ama si bapake
  • Sri Lestari Harja aka Aciw » cewe supel, ga neko-neko, legowo, kalo marah cuma bentar abis itu baik lagi. Hobi nyanyi. Paling takut ama kecoa.
  • Ninis Sasmitha aka Ninis » orangnya imut, tapi kalo ngomong ama dia mesti pelan-pelan dan usahakan untuk selalu menggunakan kata-kata standar yang mudah dimengerti. Objek yang tepat buat dijadiin latihan kalo lo lagi pengen belajar sabar. Hobinya minum susu dancow. Punya ketawa khas. Paling ga bisa buat nangis. Mau nonton film sedih, baca buku sedih atau pun lagi ada moment sedih dia ga akan nangis. Paling cuma bilang "ih gua pengen nangis tapi ga bisa, gimana dong…." sambil masang muka innocentnya.
  • Ernawati Dahlia aka Ungo » ehm….. kalo nulis nanti pada protes, kalo ga nulis ga asik. Jadi  gimana nih enaknya? *jeda dulu, mikiiirrr*. Yaudah fill in the blank aja nih, you know who I am "…………………………………………………………………………………………….."

*ambil toa, teriak "I love y'guys so much…."*
*peluk kalian satu-satu*

 With Love

@ungodamn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar