Powered By Blogger

Kamis, 12 Desember 2013

Hiking Jayagiri-Tangkuban Perahu


Halloooo readers... ketemu lagi dengan kami woman ranger si bukan titisan power ranger :D Bulan Desember yang diselimuti hujan setiap hari ini cukup membuat suntuk. Diem terus dirumah dan hanya ngurusin urusan kuliah. Udah gatel pengen mucak, tapi ngeliat kondisi cuaca rada mikir juga, tapi daripada bete akhirnya kami mutusin buat hiking. Kali ini tempat yang kami pilih adalah hutan Jayagiri Lembang sampe ke kawasan gunung Tangkuban Perahu. Rencana awal berangkat adalah hari Jumat, tapi gak jadi karena saya tumbang alias sakit. Akhirnya hari ini, Senin rencana itu bisa terealisasi. Saya dan Dara berangkat jam 7 pagi. Tujuan hiking ini selain pengen “gerak” juga sengaja latihan fisik sebelum ekspedisi 3S kami dibulan Januari yang memang membutuhkan fisik yang super duper fit dan pengen tahu juga karakter masing-masing kalo jalan berdua. Soalnya kita berdua punya banyak plan buat double trip. Jadi penting banget buat ngenal karakter sang partner. Kalo muncak bareng geng power ranger sih udah biasa tapi muncak berdua doang belum pernah, jadi so pasti habbitnya mesti lebih dieksplor biar pas jalan udah paham satu sama lain.
-Intermezo-
Oke kembali ke cerita. Jam setengah 8 lebih kita baru sampe pertigaan jalan masuk ke hutan Jayagiri. Dari jalan raya ke pintu masuk hutan lumayan jauh juga, lumayan pemanasan dulu pagi-pagi. FYI: Tiket masuk hutan Jayagiri Rp. 5.000/orang. Sesampainya dipintu masuk hutan Jayagiri, seperti biasa, tracking wajib kami awali dengan doa. Selain meminta perlindunganNya, doa juga bisa menjadi suatu energi yang mendorong kita untuk semangat dan percaya gak percaya kalo udah doa keyakinan untuk berhasil itu kuat banget.
Satu, dua, tiga, hap! Perjalanan dimulai. Berhubung semalem abis ujan jadi ya wayahna jalan licin men. Begitu masuk kawasan hutan tanpa aba-aba kita langsung masuk hutan pinus. Dari awal udah banyak persimpangan, pertigaan, perempatan, per peran pokoknya. Bingung mesti ambil jalan yang mana karena emang gak ada petunjuk. Jadi kalo salah pilih, you’re gonna lost in Jayagiri forest! Haha. Untungnya kita ketemu sama bapak-bapak. Malu bertanya sesat dihutan! FYI: Dari awal masuk ambil terus jalan lurus, jangan belok kiri kanan. Dan jangan remehkan hutan Jayagiri men. Track hikingnya emang cocok buat latihan fisik. Nanjak teruuussss gak ada bonus. Tapi it’s ok. Just enjoy it, karena selain udaranya yang super seger, pemandangannya juga bagus kok. Yang bikin asik lagi adalah keberadaan penghuni hutan Jayagiri yang senantiasa muter-muter diatas kepala kita sambil nyanyi-nyanyi. Elang. Yes! Finally I heard him again. LOL Tapi jujur saya baru kali ini lagi denger suara elang. Makanya pas nengok keatas sengeng banget bisa liat burung gagah itu.
Setelah lama nanjak, nanjak dan nanjak sampailah kita diakhir hutan Jayagiri. Lokasinya berupa kebun kopi dengan sebuah saung ditengahnya. Nah mulai bingung lagi disini. Pokoknya hutan Jayagiri gak ada petunjuk sama sekali buat yang ngetrack. Mungkin karena hutannya emang kawasan perkebunan. Pilih lurus, kiri apa kanan. Terus Dara bilang “Ngo, kemana feeling lo? Pilih mana?“ “Bismillah, lurus ra. Kita ngasruk, kayanya itu diatas jalan“. Tanpa mikir dua kali, gabrus aja tu jalan. Dan bener...ketemulah kita dengan jalan besar berbatu. Ya jalannya cukuplah buat lewat satu mobil dan banyak bekas ban motor trail yang masih baru. Nyampe dijalan batu itu adalah sebuah jawaban sekaligus pertanyaan. Lagi-lagi gak tahu mesti ngambil kiri apa kanan. Feeling lagi nih, setuju ambil kiri. Jalan teruuusss. “Ra, kok gini terus yah jalannya? Gak ada tanda-tanda. Jangan-jangan nembus ke perumahan penduduk, balik lagi dong!” “Udah ikutin dululah!” Jawab Dara. Oke. Keep walking and keep walking. Ampe nemu pertigaan. Nah loh kan ambil mana lagi nih? Akhirnya jalan lurus terus. 50 meter kemudian lagi-lagi nemu pertigaan. Shit! Kali ini kita milih diem dulu, sekalian ngelurusin kaki nyoba nyari posisi di google map berharap pada setitik sinyal yang lup-lep. Tapi nampaknya usaha kami mengharap pada GPS hanya sia-sia belaka. Daripada diem terus melototin hape mending jalan. Pake feeling lagi. Kali ini kita ngambil jalan ke kanan, masuk hutan ninggalin jalan berbatu tadi. Ngikutin jalan becek yang dibumbui genangan aer. Selangkah, selangkah lagi, selangkah lagi... sampailah kami di PEREMPATAN! Jalannya udah mirip banget kaya tanda plus dan kita ada di tengah-tengah. Dara “Ngo, feeling!“ “Lurus ra, orang beriman berada dijalan yang lurus dan benar. Haha!” Don’t be so serious men! Ketawa itu penting banget terutama dalam keadaan kaya gini. Bingung. Ya daripada bingung kan mending ketawa :D
Bismillah, darisini kita mulai masuk kawasan hutan hujan basah meninggalkan hamparan pohon pinus. Vegetasinya rapat, lembab, tracknya becek, banyak jalan bercabang dan jebakan batman alias genangan aer yang dalem. TIPS: Kalo mau kesini usahain pake sepatu gunung, lebih baik pake boots sekalian. Pertama kali masuk udah disuguhin track yang bercabang, 20 meter kemudian gitu lagi, gitu lagi dan gitu lagi. Pokoknya kita cuma ngandelin feeling. Keluarin aja jiwa binatangnya, pake insting. Soalnya gak ada petunjuk atau sekedar stringline juga nihil. Jalan, jalan terus ampe kita ketemu sama bule yang lagi istirahat pinggir jalan. Hasil ngobrol, ternyata doi asli orang Jerman, udah 20 tahun tinggal di Indonesia (pantes diajak ngomong pake bahasa Jerman dijawabnya pake bahasa Indonesia -.-) dan udah traveling keliling Indonesia. Dan doi udah ke Rinjani men!! Ah… Mupeng langsung kalo denger nama gunung yang satu itu. Ternyata emang jalur hiking dari hutan Jayagiri ke Tangkuban Perahu gak ada petunjuknya. Katanya hari sabtu kemaren doi baru ngetrack juga dari Tangkuban Perahu dan doi ngasih tanda dipohon gede buat jalur kesana. Oke, setelah ngobrol, ngasih tahu jalan dan say goodbye, kita pun berpisah ngelanjutin perjalanan masing-masing lagi.
Ketemulah kita dengan tanda yang bule tadi bikin dipohon. Tanpa ragu ambil kanan, lurus, nanjak terus ampe… yah ketemu lagi jalan bercabang. Feeling. Insting. Liat medan. Ambil kanan, ambil kiri, lurus. Gitu aja pokoknya. Ampe ditengah jalan gerimis mulai turun. Pake peralatan tempur dulu, ponco dan akhirnya hujan juga deh. Feeling, insting, intuisi  dan ilmu pendakian kami yang masih kurang itu bekal kami jalan terus hingga sayup-sayup terdengarlah suara, orang! Wah…udah deket nih. Makin semangat. Ambil kanan, ambil kiri, lurus terus. Tadaaa….nyampelah kita dilokasi outbond gunung Tangkuban Perahu disertai awan yang pergi menjauh hingga menampakan kembali sang penerang bumi. Alhamdulillah.
Akhirnya masuklah kita ke kawasan alam gunung Tangkuban Perahu. FYI: Tiket masuk gunung Tanguban Perahu Rp. 13.000/orang (turis lokal). Tanpa basa-basi kita langsung menuju kawah ratu yang merupakan kawah utama gunung Tangkuban Perahu. Akses dari pintu masuk menuju kawah bisa dengan mobil (Rp. 5.000/orang) atau ngetrack alias jalan kaki. Ya kita milih jalan kakilah. Jaraknya gak jauh kok, cuma 1 kilo. But, tracknya itu berupa tangga!! Aaarrghhh I hate stairs!! Shit! One step, two step, three step, ampe ratusan step baru deh kita nyampe dikawah ratu. Jeprat-jepret. Time to take photos. Setelah puas waktunya memuaskan perut yang udah keroncongan. Jalan menuju jalur kawah baru dan air keramat, kita pun nyari spot enak buat makan siang. Pertama kali baca Air Keramat (sengaja dibold biar kesannya menegangkan, hhaa) dibrosur, saya langsung tertarik dan penasaran apa itu air keramat? Dan ternyata air keramat itu konon tempat mandi Dayang Sumbi, ibu Sangkuriang dalam legenda gunung Tangkuban Perahu. Tapi sayang kita gak bisa kesana karena kawasan air keramatnya masih ditutup. Gak ada air keramat, pohon keramat pun jadi deh, yang penting judulnya pake keramat biar terkesan mistis gitu, haha. Akhirnya kita mutusin makan dibawah pohon keramat. Ini serius yah ada yang namanya pohon keramat disana. Ya kali aja gara-gara duduk dibawahnya ntar mimpi ketemu Sangkuriang. LOL. Lagi enak-enak makan, eh ujan turun. Hap hap langsung pindah ke saung. Ujan petir ditambah kabut yang naik bikin semua pemandangan didepan mata seketika ilang. Jarak pandang Cuma 5 meter. Alhamdulillah deh kita udah nyampe diatas. Gak apa-apa ujan gede juga.
Gak kerasa sambil ngobrol dan nungguin ujan berenti udah jam 3 lagi. Akhirnya kita mutusin buat balik, gak jadi kepuncak. Mau gimana lagi, ujannya ekstrem pake petir. Semua wisatawan yang laen juga udah pada bubar. Akhirnya ditengah hujan deras kita jalan ampe ke pintu masuk kawasan, ampe kebawah dan ampe ke simpangan jalan raya Subang-Tangkuban-Lembang. Belum berakhir sampai disitu, karena dari sini gak ada angkot Lembang walhasil kita nerusin jalan kaki men. Celingak celinguk ngeliatin mobil bak buat minta tumpangan ampe Lembang. And finally yang nyangkut adalah mobil tentara. Oke men, sikat! Selain dikasih tumpangan, eh kita malah diajak ikut kegiatan mereka hiking dari Subang ke pantai. Yah..sambil menyelam minum aer nih. Lumayan nambah channel buat adventure, gratis lagi :D
Jam 5 sore. Sampailah kita di Lembang. Badan basah kuyup dari atas ampe bawah. Gak peduli banget sih yang penting happy. Finishing touch dari perjalanan kali ini kami tutup dengan semangkuk bakso dan mie ayam bakso. Lumayan ngangetin badan sebelum go hoommmee!!!!
Alhamdulillah, Puji Syukur perjalanan kali ini tujuannya dapet banget. So happy, fun, ngakak terus dari awal sampe akhir, nambah ilmu survival, paham karakter masing-masing, jadi siap dan yakin buat ngejalanin rencana kedepan, nambah temen, nambah jaringan, nambah syukur dan bikin komitmen tentang “sesuatu“ ;)
Sampai jumpa dipetualangan kami selanjutnya! Salam Lestari!

Dokumentasi:

Hutan Jayagiri


Jebakan Batman

Survival Food 

Kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu


@ungodamn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar