Powered By Blogger

Kamis, 01 November 2012

Jilbab, Bikin Bule Pada Nengok

Saya berlari. Jam sudah menunjukkan pukul 08.25 dan kelas dimulai pukul 08.30. Alhamdulilah sambil ngos-ngosan keburu juga masuk kereta. Berdiri sambil sambil benerin ransel saya sadar kalo bule-bule disekeliling saya lagi pada ngeliatin. Yaaahh, ini bukan pertama kalinya. Setiap hari saya selalu pergi dengan menggunakan U-Bahn (kereta bawah tanah) dan setiap hari juga bule-bule merhatiin saya. Mungkin karena saya berbeda dengan mereka. Saya memakai jilbab.
Eropa memang sempat dilanda Islamophobia, yaitu suatu pobia atau ketakutan terhadap apapun yang berhubungan dengan Islam. Hal itu terjadi sejak kecelakaan pesawat di WTC tahun 2001 lalu. Namun seiring dengan berjalannya waktu nampaknya pobia itu tidak seekstrim dulu. 
Disini saya banyak bertemu dengan orang-orang yang memakai jilbab. Kebanyakan adalah orang Turki. Selain itu disini, dikota saya tinggal, Nürnberg, juga terdapat 11 masjid. Walaupun demikian memang masih ada semacam "keheranan" mungkin dibenak orang-orang non Islam. Terutama jika melihat muslim yang memakai kerudung. Tetapi itu tidak menjadi masalah bagi saya. Di kota ini Alhamdulilah masyarakatnya pengertian dan toleran terhadap agama.
Banyak teman-teman saya disini yang bertanya mengapa saya memakai kerudung. Dan yang paling lucu adalah ketika salah satu teman saya bertanya apa yang saya lakukan dengan rambut saya. Mereka pikir saya botak kali yaahh. Hihiiihiii... Selain itu juga ada yang bertanya "kalo udah nikah masih pake kerudung?". Heuuu kalo yang nanyanya orang Indonesia pengen banget jawab "Ya iyalaaaaahhh masa ya iya dong!". Tapi sayang yang nanyanya bule, ga bakal ngerti :D Ditanyain masalah jilbab sama bule bukannya bikin kesel, malah bikin ngakak karena pertanyaan mereka yang polos.
Tapi satu kebahagiaan menjadi seorang muslim di negara non muslim adalah ketika kita bertemu dengan sesama muslim dan saling mengucap salam. Sungguh luar biasa. Rasanya berbeda seperti kita mengucap salam di Indonesia. Nampaknya selain menjadi penutup aurat, jilbab juga menjadikan kita bahan perhatian bagi mereka yang bukan muslim, terutama jika kita tinggal dinegara non Islam. 
Berasa artis diliatin ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar